Kamis, 22 April 2010

DOMAIN "ac.id" GRATIS

Sebenarnya ini berita lama, cuma masih banyak yang belum tahu tentang domain yang akhiran .id misal .ac.id, .co.id, .or.id, .web.id dll. Sejak perseteruan antara IDNIC dengan ccTLD tentang pengelolaan domain .id yang diketengahi oleh Depkominfo (Departemen Komunikasi dan Informasi) akhirnya pengelelolaan domain .id dipegang oleh Depkominfo , karena Depkominfo masih baru, untuk masa pembenahan infrastuktur maka seluruh domain berakhiran .id gratis (tetapi persyaratan tetap berlaku).
Biasanya harga domain untuk seluruh domain .id seharga 150 rb ditambah pajak 10% menjadi Rp. 165 rb (kecuali domain .ac.id, sch.id dan go.id) sekarang benar-benar gratis, dengan persyaratan tetap berlaku.

Untuk domain .go.id (Goverment) memerlukan surat dari dari pemerintah tsb, untuk domain ac.id (Academic) memerlukan surat dari Rektor, domain sch.id (School) dari Kepala Sekolah, domain .co.id (Comercial) butuh surat SIUPP, NPWP dll.
Nah untuk register domain bisa untuk keperluan pribadi yang hanya memerlukan scan KTP untuk saat ini cuma .web.id, sedangkan .or.id (organisasi) sudah tidak bisa di register yang hanya bermodalkan scan KTP tetapi perlu juga memakai surat SK dari organisasi bersangkutan.
Lalu bagaimana caranya mau mendaftar domain .web.id, Langkahnya adalah.
Yang harus disiapin
* Internet tentunya
* Scan KTP
* Email
1. Buka Situs https://register.net.id/ (inget pake s: https) nanti ada authority klik aja ok
2. Kalau anda belum menjadi member di situs tersebut daftar aja (gratis kok) dan klik menu register
3. Silahkan isi formulir yang tersedia dan yang paling penting email harus terisi dengan benar (begitu juga dg username dan password)
4. Cek email untuk verifikasi register tadi
5. Kalau sudah, masuk lagi di situs Register tadi dan klik login, isikan username dan passwordnya
6. kalau mau register nick klik menu Domain Management
7. lalu klik Register Domain isikan domain yang akan kita buat dan juga pilih jenisnya web.id misal sigma.web.id lalu klik tombol check, dia akan mengecek apakah domain yang kita pesan sudah ada yang memilikanya (kalau sudah ada yang memilikinya sebaiknya ganti dengan domain yang lain)
8. Bila ada tulisan sigma.web.id is available berarti domain yang kita pesan bisa dan klik tombol register
9. muncul halaman formulir silahkan diisi (catatan: identitas di isi dengan no ktp misal: KTP#09-5102-141084-0002, Contact Information abaikan, Name Server Information isi dengan tempat webhosting rencana tempat menyimpan data web anda nanti misal: Primary Server: ns1.nixerco.com , Secondary Server: ns2.nixerco.com) bila sudah klik register
10. Langkah selanjutnya adalah menyertakan persyaratan pembuatan domain .web.id yaitu scan KTP, menu Document Management lalu klik submenu Create Document , di Nama Domain klik tombol search lalu klik choose sesuai domain yang anda register, Jenis Dokumen pilih KTP, Nomor Resmi Dokumen isi dengan no KTP anda misalkan : KTP#09-5102-141084-0002, Jumlah Halaman isi dengan 1 lalu klik tombol submit
11. Langkah selanjutnya adalah mengupload scan KTP kita, klik submenu Upload Document Page, di Nomor Resmi Dokumen klik tombol search lalu klik choose sesuai dengan domain yang anda register, Halaman Dokumen Ke- isi dengan 1, File Gambar Dokumen klik Browse silahkan cari dimana letak scan KTP anda berada kalau selesai klik submit
12. Selamat deh domain anda nanti sudah jadi dalam waktu 1×24 jam (jam kerja) silahkan esok hari cek emailnya


4 komentar:

Son Goku mengatakan...

ini baru info yang bermanfaat, thanks info tentang domain dan setting web hostingnya IndeHost Web Hosting Bagus dan Murah Indonesia

Anonim mengatakan...

Emang bener gratis?
kalo ya, kok punya situ masih pake subdomain ?

Anonim mengatakan...

situs https://register.net.id/ gak bisa di akses mas.... dah co id kayaknya.......

Khairul Katsirin mengatakan...

ora iso di buka sob https://register.net.id/

Posting Komentar